Beberapa Penyakit Ikan Arwana Dan Cara Mengobatinya

Gilakoi.com – Ikan arwana merupakan jenis ikan yang populer di indonesia, biasanya ikan selalu dijadikan ikan hias yang mengisi keindahan di aquarium dan ikan ini sudah tergolong ke ikan yang langka. namun tidak sedikit orang yang memelihara ikan tersebut. sebenarnya jenis ikan arwana ini lumayan banyak, namun di kesempatan kali ini admin tidak akan membahas jenisnya namun penyakit yang sering dialami oleh ikan arwana berikut cara mengobatinya.

Pada dasarnya ikan arwana merupakan ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga jarang sekali terserang penyakit dari jamur dan bakteri. namun ada penyakit yang kerap terjadi kepada ikan tersebut. kalian yang memelihara ikan arwana pastinya akan sangat pusing apabila ikan arwana peliharaan kalian terserang penyakit. karena ikan arwana itu bukan ikan murah dan untuk membesarkannya butuh waktu yang lama dan tentunya biayanyapun tidaklah murah.

Ada dua faktor penyakit yang biasanya dialami ikan arwana yaitu organisme parasit dan non-parasit. Yang dimaksud dengan organisme parasit adalah seperti penyakit-penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, cacing atau bahkan virus. Sedang non-parasit adalah yang ditimbulkan oleh faktor keadaan atau lingkungan sekitar. misalkan dalam faktor lingkungan seperti stress pada ikan, air yang kurang cocok dan tidak mendukung perkembangan ikan, pH atau suhu yang tidak sesuai, makanan yang tidak cocok, kekurangan asupan oksigen dan lain sebagainnya.

Nah disini admin akan memberikan beberapa tips dan trik bagaimana cara mengetahui penyakit yang diderita ikan arwana dan cara mengobatinya.

Beberapa Penyakit Ikan Arwana Dan Cara Mengobatinya

1. Penyakit Gigi Ekor

Ikan arwana yang seperti gelisah dan kerap menggigit ekornya sendiri, ini merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh ikan arwana. jika ikan tersebut selalu saja mengigit ekornya maka dipastikan bahw siripnya akan hilang karena sobek. Penyakit ini disebabkan oleh semacam parasit yang tinggal di ekor ikan, menyebabkan rasa gatal hingga ikan arwana akan berenang dan mencoba menghilangkan gatalnya dengan cara menggigitinya.

Cara mengobatinya cobalah ganti air segar dan pindahkan ikan tersebut ke tempat air yang steril, dan berikanlah obat tetes tropical medicine ke akuarium yang steril tadi. diamkan selama beberpa hari.lalu ganti kembali air tersebut. silahkan ulangi lagi hal yang sama apabila sudah 3 hari.

2. Gejala Malas Makan

Gejala seperti malas makan penyebabnya adalah karena kita terlalu sering memberikan makanan. masalah ini bisa diatasi dengan tidak memberikannya makan 2-3 hari. setelah itu berikanlah ikan tersebut makanan yang berbeda-beda.

3. Penyakit Jamuran

Penuyakit ini biasanya diawali dengan bintik bintik putih di punggung ikan tersebut dan biasanya langusng  menghitam. hal ini biasanya disebabkan karena kotornya air di tempat ikan. cara mencegahnya silahkan cek aerator aquarium secara berkala, jangan sampai ada jamur yang menempel di aquarium anda. Untuk mengobatinya, cek suhu dan jaga di 30º, juga jangan lupa berikan garam ikan

4. Penyakit Akibat Bakteri

Perut ikan arwana muncul bintik berwarna merah? Sisik ekor pun terkelupas dan hingga sisik lainnya pun ikut memerah seperti lecet terluka? Bisa jadi penyakit ikan arwana satu ini adalah terkena bakteri yang masuk melalui sela-sela sisik di badannya. Jangan gelisah, hal ini pun sudah umum terjadi.

Segera karantina ikan dari akuarium dan pindahkan ke tempat yang airnya steril, berikan garam ikan secukupnya dan berikan obat anti-bacterial khusus untuk ikan. Tunggu setelah 1 hari, lalu ulangi hal tersebut selama seminggu penuh.

5. Mata Juling

Penyakit ini sangat umum terjadi kepada ikan arwana, dan biasanya dikarenakan pemberian pakan yang kecil dan hanya mengambang saja. dan bisa juga dikarenakan minimnya sinar matahari. Hal ini cukup umum terjadi, biasanya dikarenakan pemberian pakan yang kecil dan hanya mengambang saja. dan bisa juga dikarenakan minimnya sinar matahari.  Juga jangan lupa memberikan makannya yang sekiranya jangan mengambang saja, Kamu bisa memvariasikan menu makanannya selang-seling selama beberapa minggu ke depan.Hal ini juga kerap terjadi dikarenakan minimnya sinar matahari. Segera atasi dengan memindahkan ikan arwana ke tempat yang mendapat cukup sinar matahari.

6. Sisik Menghitam dan Membusuk

Untuk mengatasi hal ini, ikan bisa diberikan ammonium sulfate dengan perbandingan 200 mg/kg berat ikan. Untuk pencegahannya Kamu bisa secara rutin mengganti air akuarium dan jangan menunggu hingga kotor dan sudah sebulan lebih.

Nah itulah informasi mengenai Beberapa Penyakit Ikan Arwana Dan Cara Mengobatinya, semoga informasi ini bermanfaat bagi para penghoby atau pemelihara ikan arwana yang memiliki maslah yang sama.