Begini Cara Daur Ulang Batu Ziolit

ziolit

Memperbaiki fungsi (Recharge) (daur ulang batu ziolite)

Ammonia yang diserap oleh batu Ziolite, akan kembali terlepas oleh garam. Oleh sebab itu, bila kolam anda menggunakan Ziolite sebagai media Filter, maka penggunaan garam ikan untuk pengobatan koi sebaiknya dihindari, atau setidaknya jangan terlalu sering dilakukan. Larutan garam dapat melepas kembali ammonia kedalam air kolam anda, dan hal ini justru menjadi ancaman terhadap keberadaan koi anda.

Oleh karena larutan garam memiliki kemampuan untuk melepas ammonia yang diserap oleh batu Ziolite, maka untuk memperbaiki kembali fungsi ziolit yang telah jenuh, dapat dilakukan dengan cara merendam batu ziolite ke dalam larutan garam yang pekat (5%) selama sehari semalam.

Cara melakukan perbaikan fungsi (daur ulang batu Ziolit), dapat dilihat dalam video berikut ini :

Informasi Tentang Ziolit

Zeolit adalah senyawa zat kimia alumino-silikat berhidrat dengan kation natrium, kalium dan barium.
Secara umum, Zeolit memiliki melekular sruktur yang unik, di mana atom silikon dikelilingi oleh 4 atom oksigen sehingga membentuk semacam jaringan dengan pola yang teratur. Di beberapa tempat di jaringan ini, atom Silicon digantikan degan atom Aluminium, yang hanya terkoordinasi dengan 3 atom Oksigen. Atom Aluminium ini hanya memiliki muatan 3+, sedangkan Silicon sendiri memiliki muatan 4+. Keberadaan atom Aluminium ini secara keseluruhan akan menyebababkan Zeolit memiliki muatan negatif. Muatan negatif inilah yang menebabkan Zeolit mampu mengikat kation.

Zeolit juga sering disebut sebagai ‘molecular sieve’ / ‘molecular mesh’ (saringan molekuler)karena zeolit memiliki pori-pori berukuran melekuler sehingga mampu memisahkan/menyaring molekul dengan ukuran tertentu.

Zeolit mempunyai beberapa sifat antara lain: mudah melepas air akibat pemanasan, tetapi juga mudah mengikat kembali molekul air dalam udara lembap. Oleh sebab sifatnya tersebut maka zeolit banyak digunakan sebagai bahan pengering. Disamping itu zeolit juga mudah melepas kation dan diganti dengan kation lainnya, misal zeolit melepas natrium dan digantikan dengan mengikat kalsium atau magnesium. Sifat ini pula menyebabkan zeolit dimanfaatkan untuk melunakkan air. Zeolit dengan ukuran rongga tertentu digunakan pula sebagai katalis untuk mengubah alkohol menjadi hidrokarbon sehingga alkohol dapat digunakan sebagai bensin.

Zeolit di alam banyak ditemukan di India, Siprus, Jerman dan Amerika Serikat. Bagian Primary dari Zeolit adalah TO4 di mana T adalah Si atau Al.