Harga Ikan Cakalang Update Terbaru

Gilakoi.com – Masih membahas mengenai ikan laut konsumsi yang populer dikalangan masyarakat indonesia. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas informasi mengenai harga ikan cakalang update terbbaru di tahun ini.

Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan laut yang populer dan banyak peminatnya. ikan cakalang ini dari kekuarga Skombride (Ikan Tuna), ukuran ikan ini sekitar 50 cm. ikan cakalang dapat ditemui di laut tropis san subtropis di samudra hindia, pasifik dan atlantik.

Ikan ini memiliki citara rasa yang sangat enak dan juga memiliki kandungan omega tiga yang baik untuk tubuh bagi yang mengkonsumsinya, dan juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Untuk harga ikan cakalang masih termasuk harga yang terjangkau, tidaklah mahal apabila dibandingkan dengan jenis ikan konsumi air laut lainnya yang harganya cukup tinggi. Sebenarnya ada beberpa faktor yang mempengaruhi harga ikan cakalang ini mulai dari kualitas, ukuran dan juga suplai ikan yang ada, biasanya jika jumlah ikan di pasar sedang banyak, maka harganyapun akan turun. begitupun sebaliknya, apabila ikan tersebut jarang di dapatkan, maka ikan cakalang akan menjadi mahal.

Aneka Olahan Ikan Cakalang

Ikan Cakalang Asap / Fufu

Selain dijual mentah, ikan cakalang juga banyak dijual dalam bentuk olahan lain, seperti halnya ikan cakalang asap. Dengan metode pengasapan seperti ini adalah supaya ikan bisa bertahan lama. ikan cakalang asap bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya, untuk harganya sendiri sekitar Rp 80.000 / kg.

Abon Ikan Cakalang

Masyarakat indonesia sangat kreatif dalam mengolah ikan laut, salah satunya adalah dengan membuat olahan makanan Abon dengan berbahan dasar daging ikan cakalang. Dengan membuatnya menjadi abon bisa menambah nilai jual dan bisa bethahan lebih lama lagi. Harga Abon ikan cakalang berkisar antara Rp 25.000 dengan berat bersih 100 gram.

Daftar Harga Ikan Cakalang Terbaru

Olahan Ikan Cakalang Harga Satuan
Ikan Cakalang Segar Rp 40.000 1 Kg
Ikan Cakalang Fufu / Asap Rp 45.000 500 gram
Abon Ikan Cakalang Rp 25.000 100 gram
Ikan Cakalang Pedas Rp 60.000 1 Kg

Daftar Harga Ikan Cakalang di Berbagai Daerah

Nama Daerah

Harga / Kg

Jakarta Rp 41.000
Bogor Rp 38.000
Bekasi Rp 39.000
Depok Rp 40.000
Tanggerang Rp 37.000
Bandung Rp 38.000
Kepulauan Seribu Rp 37.000

Cara Memilih Ikan Cakalang Yang Baik

Saat membeli ikan cakalang, tentunya kita menginginkan ikan yang berkualitas dan pastinya masih segar, ada beberapa kriteria ikan yang bagus dan layaknya untuk kamu beli, diantaranya adalah :

  • Baunya Tidak Menyengat
  • Warna insang masih merah dan terlihat segar.
  • Warna mata ikan masih bening dan tidak kusam.
  • Dagingnya masih padat dan elastis.
  • Warna kulit ikan cakalang masih cerah dan mengkilat.

Itulah inofmasi mengenai Harga Ikan Cakalang Update Terbaru yang dapat admin sampaikan, ada juga dapat membaca artikel lainnya yang berhubungan dengan ikan. senoga bermanfaat.